Rabu, 29 Maret 2017

Pertemuan APP 1

Keluarga Memandang : Semua Diciptakan Baik


Pertemuan APP 1 dilaksanakan pada hari Jumat, 03 Maret 2017, di rumah Bp Antonius Sarwanto.

Tujuan

Membawa umat untuk menyadari dan mau mengkomunikasikan di dalam keluarga bahwa segala yang diciptakan Allah adalah baik dan memberi gambaran pada kebesaran dan kebaikan Allah, sehingga manusia tidak berhak merusaknya melainkan menjaga dan melestarikan.




Bahan Sharing   

a. Kisah : Dua Fenomena

Kejadian ini terjadi dua atau tiga tahun belakangan ini, dimana dua atau tiga kali dalam setahun, rumahku diserbu ulat bulu yang berasal dari pepohonan yang tumbuh di sekitar sungai belakang rumah.
Gejala lain yang kuamati akhir-akhir ini, burung-burung jarang beterbangan di sekitar pohon tersebut. Mungkin mereka semakin punah karena ditangkap dan diburu oleh penduduk sekitar.
Tapi apakah benar kedua fenomena ini saling berkaitan? Aku masih mengolah dalam benakku.


b. Teks Kitab Suci

» Kejadian 1:1-25
Ayat 25 : Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
» Kebijaksanaan Salomo 13:1-5
Ayat 5 : Sebab orang dapat mengenal Khalik dengan membanding-bandingkan kebesaran dan keindahan ciptaan-ciptaan-Nya.
» Roma 1:18-21
Ayat 20 : Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keillahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.


Kesimpulan 

1. Manusia tidak berhak dan tidak boleh merusak alam ciptaan, tapi justru harus menjaganya. Sehingga setiap kali memandang alam itu dan mengerti kontinuitas serta keseimbangan yang terjadi di dalamnya, manusia dapat memuji dan memuliakan Allah ;

2. Karena alam adalah gambaran kemaha-kuasaan dan kebaikan Allah, maka tema pemeliharaan alam adalah bagian dari pendidikan iman ;

3. Keluarga adalah tempat pendidikan iman berlangsung, dimana didalam keluarga harus mengajarkan anak sejak dini mengenai alam yg diciptakan baik oleh Allah yang harus selalu dijaga.

4. Sebagai orangtua dalam keluarga perlu menghargai alam dan melakukan tindakan penjagaan alam terlebih dahulu.


Membuat NIAT

Umat membuat NIAT untuk mengkomunikasikan poin-poin penting dalam tema 1 ini dan berdiskusi dalam keluarga.




Demikian hal-hal dan poin penting yang disharingkan dalam pertemuan APP yg pertama. Semoga menjadi inspirasi bagi umat untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Amin


Berkah Dalem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar