Minggu, 27 Maret 2016

Pekan Suci



~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Minggu Palma



Pada Minggu Palma, gereja tidak hanya mengenang peristiwa masuknya Yesus ke kota Yerusalem melainkan juga mengenang akan kesengsaraan Yesus. Oleh karena itu, Minggu Palma juga disebut sebagaiMinggu Sengsara. Dalam tradisi peribadahan gereja, setelah umat melakukan prosesi daun palem (melambai-lambaikan daun palem), umat akan mendengarkan pembacaan kisah-kisah sengsaraYesus yang diambil dari Injil. Memang kisah-kisah ini akan dibacakan ulang dalam liturgiJumat Agungtetapi pemaknaannya berbeda. Pembacaan kisah sengsara Yesus dalam liturgi Minggu Palma dimaksudkan agar umat mengerti bahwa kemuliaan Yesus bukan hanya terletak pada kejayaan-Nya memasuki Yerusalem melainkan pada peristiwa kematian-Nya di kayu salib.


 Kamis Putih



Dalam misa Kamis Putih kita memperingati akan Yesus yang mengadakan perjamuan malam terakhir bersama para muridNya. Perayaan Ekaristi yang selama ini kita laksanakan, merupakan peringatan akan perjamuan malam terakhir ini, dimana Yesus menyerahkan tubuh dan darahNya lewat simbol roti dan anggur.


Dalam misa Kamis Putih ini, kita juga diajak untuk meneladani kasih yang diajarkan Tuhan Yesus. Yesus sebagai Guru dan Tuhan mau merendahkan diriNya untuk membasuh kaki para muridNya. Hendaknya kita saling mengasihi satu sama lain seperti yang diajarkan Yesus kepada kita.


Jum'at Agung



Merupakan peringatan akan kisah sengsara Yesus hingga wafat di kayu Salib.

~Yesus diolok-olok~
Untuk menanggung dosa mulut kita yang suka mengolok-olok, mencela, menghina, mencaci maki dsb.

~Yesus disesah~
Untuk menanggung segala dosa kedagingan kita yakni percabulan, kecemaran, hawa nafsu, sihir, penyembahan berhala, perseteruan, iri hati, roh pemecah, kepentingan diri sendiri, kedengkian, kemabukan, pesta pora dsb.

~Yesus dimahkotai duri~
Untuk menanggung segala dosa pikiran jahat kita, yakni pikiran kotor, najis, pikiran cabul, pikiran terkutuk, pikiran sia-sia dsb. 

~Yesus memikul Salib~
Yesus menjadi rendah dengan memikul salib untuk menanggung dosa akan kesombongan kita.....

~Yesus wafat di Salib~
"Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib"
(Filipi 2:8)


Pesta Paskah



Memperingati kebangkitan Tuhan Yesus yang telah wafat di salib. Yesus wafat disalib dan 3 hari setelah wafat, Ia bangkit dari antara orang mati.
Dalam misa malam Paskah umat menyalakan lilin diambil dari lilin Paskah, sebagai simbol akan terang yang telah datang.

°~~~°~~~°




Sengsara, wafat dan kebangkitan Tuhan Yesus merupakan puncak iman Kristiani. Semoga lewat karya penebusan Yesus Kristus, kita mempunyai semangat baru berkarya dalam Tuhan, menjadi manusia baru lewat pertobatan yang telah kita lakukan, menumbuhkan semangat baru untuk saling peduli, berkorban dan saling mengasihi. Amin


Berkah Dalem


Tidak ada komentar:

Posting Komentar