Sabtu, 03 Oktober 2015

Bulan Rosario, Doa Devosi Maria

Bulan Oktober merupakan bulan rosario, dimana umat Katolik memberi penghormatan kepada Bunda Maria dengan melakukan doa-doa devosi kepada Bunda Maria.


Sejarah bulan Maria pada bulan Oktober. Berkaitan dengan pertempuran yang terjadi di Lepanto pada tahun 1571. Pada pertempuran itu, kerajaan Ottoman (berasal dari Turki)menyerang umat Kristen yang tersebar di Eropa. Jumlah pasukan Turki ternyata melebihi pasukan Kristen Katolik Spanyol, Venesia, dan Genoa. Ancaman ini diluar dugaan. Untuk menghadapi situasi yang begitu mencekang ini, Don Juan (John) dari Austria yang menjadi komandan armada Kristen Katolik, memohon pertolongan melalui perantaraan Bunda Maria dengan mendaraskan doa Rosario. Bersama dengan Don Juan, umat Kristen Katolik diseluruh Eropa mendaraskan doa Rosario tiada henti. Pada 7 Oktober 1571, Paus Pius V bersama dengan umat Kristen berdoa Rosario bersama di Basilika Santa Maria Magiore. Doa didaraskan dari subuh, hingga petang. Doa Rosario terus didaraskan di Roma untuk mendoakan pertempuran Lepanto. Hal ini kelihatannya mustahil, namun pada tanggal7 oktober, pasukan Kristen Katolik akhirnya memperoleh kemenangan dalam pertempuran Lepanto (Lepanto Battle).Kemudian, oleh Paus Pius V menetapkan peringatan Rosario dalam Misa Kudus di Vatikan setiap tanggal 7 Oktober. Kemudian, oleh penerusnya, Paus Gregorius XIII, menetapkan tanggal 7 Oktober sebagai hari raya Rosario Suci.


Kegiatan Doa Rosario lingkungan griya pesona dilaksanakan setiap malam. Kecuali untuk malam senin dan malam kamis karna harus bergabung dengan lingkungan terangsari untuk mengikuti latihan koor. Secara tehknis seperti bulan maria sebelumnya, kegiatan doa dilaksanakan secara bergiliran dari rumah kerumah umat dan untuk konsumsi ditiadakan. Tuan rumah dihimbau untuk menyediakan air putih saja dan dana untuk konsumsi dialihkan untuk kolekte.
Program dari seksi liturgi, setiap malam minggu setelah doa rosario akan diadakan sharing dan renungan tentang peristiwa-peristiwa yang  terdapat dalam doa rosario yakni peristiwa gembira, peristiwa terang, peristiwa sedih dan peristiwa mulia. Sebelumnya pemandu akan menjelaskan dan menjabarkan peristiwa-peristiwa tersebut diatas. Bertujuan umat lebih mengetahui dan memahami makna dari peristiwa-peristiwa tersebut.
Semoga kegiatan rosario di lingkungan griya pesona berjalan dengan baik dan umat terlibat aktif dalam kegiatan ini. Amin

Berkah Dalem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar