Rabu, 05 April 2017

Aksi Nyata APP 2017

Apa sich yang akan kita lakukan setelah ber-APP? tentunya sebuah aksi nyata. Aksi nyata dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Sesuai tema APP, kita diwajibkan untuk merawat dan menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagai rasa syukur kita akan ciptaan Tuhan, Raja Semesta Alam.


Banyak hal yang bisa kita lakukan, misal membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan kantong plastik, menanam pohon/tanaman, menggunakan air seperlunya dsb. Kita harus bersahabat dengan alam demi kelestariannya, bukan malah merusaknya.

Paroki Kristus Raja Karawang dan Lingkungan Griya Pesona secara khusus melakukan aksi nyata kepedulian sosial dan juga gerakan menanam pohon/tanaman.

1. Paroki Kristus Raja Karawang

Aksi nyata APP 2017 Paroki Kristus Raja Karawang dilaksanakan melalui Seksi PSE yang memberikan bantuan sosial bagi umat di lingkungan-lingkungan yang dianggap kurang mampu.

Seksi PSE Gereja bersama pengurus lingkungan

Pengurus lingkungan yang mengkoordinir aksi ini untuk diserahkan ke umat yang bersangkutan. Aksi ini sebelumnya jg sudah dilakukan pada waktu APP dan Adven 2016.

Seksi Sosial lingkungan

Di tahun ini, umat lingkungan griya pesona yg mendapatkan bantuan sosial dari Seksi PSE Gereja yakni :
a. Keluarga Bp Budiman Sidabutar
b. Keluarga Bp Elfius Titus
c. Keluarga Ibu Sutarsih


2. Lingkungan Griya Pesona

Dari lingkungan griya pesona sendiri, aksi nyata APP 2017 yakni :

a. Kunjungan Sosial

Aksi kunjungan sosial menjenguk Ibu Sutarsih yang sedang sakit. Dana kunjungan sosial ini diambil dari kolekte pertemuan APP selama 4 x pertemuan yakni sebesar Rp 500.000. Kunjungan dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Maret 2017.

b. Penanaman pohon palem (palma)

Bibit pohon palem (palma)

Aksi ini disesuaikan dengan tema APP yakni Keluarga Berwawasan Ekologis. Kenapa kok pohon palem? Pohon palem (palma) identik dengan Perayaan Minggu Palma dan kebetulan di daerah Karawang untuk mendapatkan pohon palem agak susah (boleh dibilang langka). Sehingga dengan aksi ini, selain bernuansa ekologis juga bisa membudidayakan pohon palem itu sendiri bagi umat lingkungan griya pesona, dan nantinya bisa digunakan dalam menyambut perayaan Minggu Palma di Gereja.

Gerakan menanam pohon palem (palma) bertujuan memancing semangat umat bukan hanya menanam palem saja, tapi juga menanam pohon/tanaman lainnya sebagai langkah awal gerakan penghijauan.

Demikian aksi nyata APP 2017, semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita, khususnya umat lingkungan griya pesona dalam kehidupan sosial maupun dalam menjaga lingkungan hidup. Amin


Berkah Dalem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar